Minggu, 28 Juli 2013

“Olah Tubuh” merupakan pelajaran pertama di Kuliah kebun road to TOT dan HGTS




Kamis , 25 Juli 2013 lalu memberikan kesan yang menarik dalam penyampaian materi yang diberikan oleh Dedi Warsana sebagai pemateri dalam Kuliah kebun Road to TOT dan HGTS.  “ Olah Tubuh” menjadi pelajaran pertama untuk Kuliah Kebun kali ini.
Seorang guru adalah seorang Aktor. Seorang aktor selalu melakukan persiapan keaktoranya seperti Vokal, gerak  Penghayatan, Kosentrasi, dan Imajinasi.


Sebagai seorang aktor ia harus benar-benar membawa para penontonnya larut dalam cerita yang sedang dilakonkannya. Pesan-pesan yang dibawakannya merupakan hal penting yang harus disampaikan kepada peserta didik. Untuk itu seorang guru hendaknya mengetahui, menguasai, serta dapat mengarahkan situasi yang akan terjadi, menguasai materi yang akan dibawakan, mengetahui kehendak para peserta didiknya, menguasai media yang akan digunakan dalam pelakonannya, memperhitungkan waktu yang akan digunakan untuk membawakan suatu naskah tertentu dan lain sebagainya.

Dedi Warsana hadir memberikan materi yang dikemas dalam sebuah permainan, sehingga menghasilkan kesan yang  menyenangkan.


Permainan merupakan sebuah metode yang efektif dalam menyampaikan informasi dalam kegiatan pembelajaran. Selain belajar sambil bermain, metode ini ampuh untuk mengajak peserta didik untuk menggerakan seluruh anggota badannya. Dengan permainan kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dengan catatan  informasi tetap tersampaikan dengan baik.











Permainan : Olah Vokal - metode penyampaian dengan baik, Vokal menuntut kejelasan seorang guru dalam menyampaikan informasi


Permainan : " Ini ada sebuah batu dari Bos", " Apa ?", " sebuah batu" , " Dari siapa", " dari Bos", " untuk siapa", "untuk kamu". 

Permasalah mimik muka bisa kita temukan solusinya di kuliah kebun

Penulis : Devianti N W