Rabu, 04 September 2013

Sukses, LIVE MURAL di MOKA-KU'13



Bertempat di Gymnasium UPI, Himpunan Mahasiswa Seni Rupa (HIMASRA) menampilakan live mural sebagai ajang pengenalan himpunan di kegiatan Masa Orientasi Kampus dan Kuliah Umum (MOKA-KU) 2013, Rabu kemarin (28/8/2012). 

Berbeda dengan penampilan di MOKA-KU sebelumnya, HIMASRA menampilkan live mural, pemutaran video dokumenter HIMASRA dan video dokumentasi mapping dilanjutkan dengan pengibaran bendera ukuran 4x4 meter dan umbul-umbul. Dalam waktu 6 menit, penampilan live mural ini diapresiasi dengan baik oleh mahasiswa baru 2013, khususnya mahasiswa baru Fakultas Bahasa dan Seni. Berikut penjelasan secara rinci yang telah RedEtsa paparkan:
Mendapat urutan penampilan ke lima, tampil sekitar pukul 09.00 pagi WIB di gymnasium UPI. Panel telah dipasang sebelumnya sesuai dengan konsep yang sudah dirancang, ketua himpunan Fahrul Satria N. mengawali dengan memberikan pengantar dan perkenalan diri, setelah itu tak lupa untuk meneriakan jargon kebanggaan HIMASRA dan FPBS. Jargon itu mengawali sesi penampilan live mural yang dilakukan oleh tim yaitu M Zam zam, Fitri Ramdani, Rifki Z. M, Ridwan Badar dan Prisma yang akan melakukan penggarapan.


“Ini kerja tim!. Setelah Fahrul memanggil kami ke tengah gym dekat stage dimana posisi panel berada. Dengan cat, kuas, aerosol, dan stencil, kami pun lagsung mengeksekusi panel tersebut sesuai konsep.” jelas Zam zam pada RedEtsa. Diketahui konsep ini berasal dari dirinya. 

Selagi live mural beralangsung, diputar video cerita tentang sekretariat HIMASRA karya Djul. Gelak tawapun pecah dari mahasiswa baru yang melihat beberapa cuplikan di video tersebut. Masih menunggu garapan mural selesai, pemutaran video selanjutnya adalah video dokumentasi mapping motor vespa karya Kucluk. Dari keseluruhan penampilan tersebut tak luput dari penjelasan dari Mawar Diah Pratiwi sebagai MC yang menjelaskan penggarapan dan isi dari video yang ditampilkan. Kembali pada live mural, adrenalinpun semakin tinggi ketika panitia memberitahu bahwa waktu penampilan sudah habis. Saat itu progres penggarapan panel baru 90%. Tim live mural dengan cepat merampungkan pengerjaan panel tersebut. Akhirnya panel tersebut rampung digarap. Tepuk tanganpun riuh menggema pertanda penampilan live mural mendapat apresiasi baik dari mahasiswa baru 2013. “Akhirnya rampung juga walaupun agak sedikit gereget karena kurang maksimal, over all banyak yang bilang keren” jelas Zam zam .

Dibagian penutup, HIMASRA menyuguhkan bentangan umbul-umbul yang telah di pasang di sekeliling Gymnasium dan disusul dengan bentangan bendera HIMASRA berukuran 4x4 yang ternyata paling besar diantara bendera-bendera himpunan yang lain. Konsep pembentangan bendera HIMASRA itu tercetus dari Ganjar Jatmika, dan pada saat pembentangan di bantu oleh Esa. Bentangan bendera-bendera itu menjadi sebuah penutupan yang apik, menarik dan mengesankan.



 









Di balik suksesnya acara tersebut, persiapan demi persiapan HIMASRA rupanya dilakukan sehari sebelum hari H. Dari mulai pembrifingan beberapa usulan konsep yang akhirnya dipilih konsep Live Mural. Dilanjutkan dengan pengukuran panel yang akan di mural, membuat desain mural dan persiapan alat-alat. Penggarapan itu dikerjakan sampai subuh oleh anggota HIMASRA angkatan 2011 dan 2012. Red



Penulis : Devianti N. W.
Editor : Muhammad Zam zam
Dokumentasi : Ganjar, Badar, M. Rifki S.