Senin, 25 November 2013

Initiative Art Trip UPOYRIA #2 to Jakarta (part 1)






Masih ingat Art Trip bulan Juli lalu Art Trip UPOYRIA to ArtJOG13? Masih banget dong..hhe. Nah, Tim UPOYRIA yang terdiri dari anggota HIMASRA dan Studio 229 menjadikan JAKARTA BIENALE dan SEA TRIENNALE 2013 sebagai tujuan Art Trip selanjutnya. yuu monggo kita liat liputannya!






 Minggu, 24 November 2013 menjadi agenda selanjutnya bagi  UPOYRIA  untuk melakukan Art Trip to Jakarta. Selain untuk refreshing dari kepenatan perkuliahan, kegiatan himpunan dan ke'galauan'. Dalam Art Trip ini, tentunya kita mendapatkan Ilmu dan Pegalaman berapresiasi. Terutama kita dapat mengetahui bagaimana pembendaharaan karya seni rupa saat ini. Khusunya untuk Seni kontemporer, mengingat JAKARTA BIENNALE 2013 merupakan perhelatan Seni Kontemporer berskala Internasional. 
Sebelum menuju JAKARTA BIENNALE 2013, tujuan pertama Art Trip UPOYRIA adalah SEA TRIENNALE 13 di  Galeri Nasional Indonesia. Setibanya disana,  rasa tak sabar muncul ingin segera mengapresiasi karya-karya yang tidak hanya dari seniman Indonesia saja itu. Beberapa negara seperti, Singapura, Filipina, Myanmar, Cina, Pakistan, Malaysia, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Australia ikut serta dalam pameran ini. Disana karya para seniman yang dipamerkan meliputi karya seni lukis, gambar, patung, seni instalasi, fotografi, dan beberapa obyek lainnya.


 Karya Istalasi berjudul "Borneo" menyambut kedatangan Tim Art Trip UPOYRIA, sebelumnya salah satu anggota Tim, mengira ni adalah bentuk dari ayam
-_- 


HALL B


Kuda, Pegasus...
Ketika melihat karya yang satu ini RedEtsa jadi miris. Memang fenomena seperti ini banyak ditemukan. kebiasaan buruk masyarakat kita yaitu Vandalism atau curat-coret dimana saja. Tidak hanya di tembok-tembok atau monumen-monumen penting. Corat-coret juga ditemukan di benda-benda bersejarah lainnya. seperti foto diatas, Karya tersebut menggambarkan sebuah  situs bersejarah yang terlihat tak terlindungi dengan coretan-coretan tak berarti. (aseeeeeek///)


"Akbar <3 Yanti" Cieee.....-_-apa sihh



 HALL A


Karya Patung dengan Anyaman, buat yang ngontrak Kriya Anyam mungkin bisa terinspirasi dari sini..hhe

Mapping Lukisan karya Basuki Abdullah, tapi sayang infokusnya ga fokus ke bingkainya..tapi apa disengajakah?
@Infocuswoyo

 ini salah satu Karya Favorite RedEtsa nih,,Vespanya keren bgt..-_- tapi rempong klo dipake di jalanan nih..kalo punya nih vespa terus ikutan BuserHIMASRAUPI? diterima gak ya? hha










HALL C


 Ayo tebak ini karya siapa?? hihihi ini salha satu karya dari seniman alumni JPSR UPI :)

 Ini keren....


 Bukan sulap bukan sihir ini dari Almunium foil 




 Karya serupa tapi tak sama

 Siapa tuh yang nonggol?? hhe

 UltraBud...(Bukan Ultra Budi) -_- apa sih?


 Ini nih baju dari kertas!!


 Wew..so cool with Paper Cut


SEA TRIENNALE 2013 yang diselenggarkan oleh Galeri Nasional dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini berlangsung dari mulai tanggal 14 November sampai dengan 11 Desember. Mengutip dari Tempo.co, pada konferensi pers selasa, 12 November 2013 di Galeri Nasional. Rizki A. Zaelandi selaku kurator mengatakan bahwa  pameran ini mengambil tema Global Arta; Way Around Asia. “Tentang problem seni rupa global. Dialog seniman Asia Tenggara dan di luar regional mereka".

Disana juga mengungkapakan bahwa para seniman yang diundang adalah seniman generasi baru yang menggantikan seniman era 1990-an di kawasan Asia Tenggara. Para seniman ini diseleksi dari pengamatan beberapa tahun berkarya. Karya mereka dipertimbangkan tak hanya pada perkembangan karya seniman dari pengaruh seni rupa Barat, tapi juga menyangkut fenomena yang terjadi sekarang ini

Mengingat kondisi Galeri Nasional sedang dalam rehab bangunan, sangat disayangkan dari karya yang di pamerkan, ada beberapa karya yang tidak bisa di nikamti oleh Tim Art Trip UPOYRIA saat itu. 

Akhirnya SEA TRIENNALE 2013 sudah selesai diapresiasi....saatnya menuju JAKARTA BIENNALE 2013.Lets go!!! .....................................................cussssssss