Jumat, 08 November 2013

Opening Exhibition: START LIGHT Art for Education

Start Light merupakan event pameran proses dan workshop yang dipersembahkan Anggota UKM STUDIO 229 bekerjasama dengan HIMASRA (Himpunan Mahasiswa Seni Rupa) UPI didukung oleh Jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI. Kali ini dengan bangga memepersembahkan kembali dengan "Workshop & Exhibition START LIGHT 2013" dengan melibatkan sembilan seniman muda Bandung yang sebelumnya terpilih berdasarkan hasil seleksi dari kompetisi kampus. Disini mereka menggagas karya yang mengangkat dunia pendidikan dengan metode mentoring dan Open Studio. Tahun 2013 adalah tahun ke-2 penyelenggaraan program ini. Start Light diselenggarakan atas spirit Art For Education, berupaya memberikan edukasi publik mengenai apresiasi dan aplikasi seni melalui pameran proses dan workshop kesenirupaan. Diikuti oleh seniman-seniman muda Bandung, guru SMP dan SMA se-Jawa Barat, Mahasiswa, Siswa SMP dan SMA se-Jawa Barat dan umum. Rangkaian kegiatan Start Light dilaksanakan secara maraton mulai tanggal 28 Oktober - 20 November 2013 di Galeri Kita Bandung, Jawabarat.  berikut dibawah ini adalah rangkaian acara dari START LIGHT 2013



Workshop & Exhibition START LIGHT 2013

28 Okteober - 19 November 2013 Galeri Kita 

40114 Jawa Barat



Seniman :

Agam M. Husen
Ahmad Nurjaya
Alima Hayatun Nufus
Basit Abdillah
Endang Adi Soetomo
Erlin Herlianti
Fitri Ramdani
Rifky M. Isa
Ridwan Badar 





Konten Acara :


I. Opening Workshop
Senin, 28 Oktober 2013, pk. 19:00 WIB
Kegiatan ini merupakan permulaan startlight. Didalamnya sudah
terbagi beberapa studio seniman untuk berkarya. Seniman vokal
menerangkan proyek seni yang akan digarap secara interaktif. Serta diumumkan beberapa agenda kedepan dalam acara ini. Hingga diakhiri oleh peresmian kegiatan.


II. Open Studio & Workshop
29, 31 Oktober dan 2 November 2013
Open Studio merupakan rentetan kegiatan dimana panitia memberi ruang untuk publik mengetahui tentang proses karya seniman Start Light dengan cara mengikuti mini workshop yang diberikan langsung oleh seniman. Diadakan selama 3 kali kunjungan. Dengan pembagian jadwal 4 seniman per 1 kali kunjungannya. Peserta workshop adalah para pelajar di Bandung dan sekitarnya. Sesuai dengan misi art for education, dimana harus ada terjadinya apresiasi seni, art tour dan workshop.
Rincian worshop dapat di download di:

III. Opening Exhibition
Minggu, 10 November 2013, pk 19:00 WIB
Pembukaan pameran Start Light merupakan kegiatan peresmian saat seluruh karya seniman selesai dan siap untuk diapresiasi oleh
publik.


IV.Program Workshop dari STUDIO 229
13 & 14 November 2013
Workshop batik & cetak saring difasilitasi oleh UKM Studio 229 sebagai fasilitatornya. Dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kepada Guru seni budaya SMP & SMA, mahasiswa, dan siswa SMA untuk mendapatkan pengalaman langsung berkesenian.
Dan untuk Guru diharapkan setelahnya dapat diaplikasiakan kembali di sekolah sebagai media pembelajaran.

V. Discussion
19 November 2013, pk 16:00 WIB
Diskusi ini merupakan rangkaian acara startlight. Bahasan yang diangkat adalah Art For Education sesuai dengan tema kegiatan. Didalamnya menitikberatkan pada seluruh pencapaian dari hasil workshop seniman, workshop publik, kuratorial dan hasil mentoringmentoring lainnya. Sehingga startlight secara utuh bisa menjadi metode yang segar dan unik dalam pendidikan seni rupa.



Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat dari tautan berikut:
@studio229_UPI
fb.com/startlight.artforeducation