Selasa, 11 Maret 2014

Cerita di P2M Desa Wanakaya, Haurgeulis Indramyu


Kegiatan P2M HIMASRA 2014 sukses digelar. Kegiatan ini di gelar Empat hari lamanya dari tanggal 6-9 Maret 2014. Rombongan mahasiswa pendidikan Seni Rupa UPI berbondong-bondong mendatangi daerah Desa Wanakaya, Haurgeulis Indramayu untuk mengabdi dan berbagi. 





Pemberangkatan di mulai pada tanggal 6 Maret 2014. Sebelum berangkat diadakan upacara pelepasan  P2M 2014 HIMASRA bersama Drs Nanang Ganda Prawira. Beliau berharap agar kegiatan mulia ini bisa berjalan dengan lancar dan untuk Mahasiswa JPSR yang ikut dalam kegiatan P2M ini bisa mendapat sebuah pengalaman dan pelajaran baru. Upacara pelepasanpun selesai ditutup oleh Doa sebelum keberangkatan ke tempat tujuan. Kira-kira butuh 3 jam rombongan tiba di desa Wanakaya, Haurgeulis Indramayu. Ketika memasuki kawasan kabupaten Indramyu hawa panaspun dan pemandangan sawah yang luas menyambut rombongan yang terdiri dari berbagai angkatan (2011, 2012 dan 2013). 



 Perjalanan sempat mengalami masalah karena salah satu ban mobil rombongan (elf) bocor. 





Setibanya di desa Wanakaya, Rombongan P2M beristirahat sejenak sebelum berangkat menuju tempat ketua rukun warga setempat untuk prosesi pembukaan P2M HIMASRA 2014 di Desa Wanakaya, Haurgeulis , Indramayu. Alhamdulillah kedatangan kami di sambut dengan baik. Upacara pembukaanpun diselenggarakan dengan khidmat bersama Tokoh masyarakat setempat, ketua pelaksana P2M dan ketua Himpunan.











P2M di hari kedua, Kegiatan berjalan dari mulai pagi hingga malam, diisi dengan Kegiatan Bakti sosial, HGTS dari divisi Pendidikan, Mural dari divisi Desain, Ta'lim bersama divisi kerohanian dan Nontong bareng film bersama divisi Multimedia. Di pagi harinya kegiatan Baksos di selnaggarakan di kediaman Bapak RW. sedangkan  HGTS dan Mural diselnggarakan di SD Negeri Babakan Maja. Kegiatan juga dilanjtkan pada malam hari yaitu ta'lim bersama Divisi kerohanian dengan penceramah dari anwin angakatan 2013.

Hari berikutnya tidak kalah seru, kegiatan Workshop dari divisi Kriya sukses mendapat sambutan baik dari para Ibu-Ibu desa Wanakaya. Materi yang di Workshopkan yaitu pemanfaatan barang bekas seperti bahan kain perca yang dijadikan bros cantik.diharapkan Ibu-ibu dari desa Wanakaya bisa menjadikan pelatihan ini bisa dimanfaatkan sebagai jalan berwirausaha. (mungkin bisa jadi setelah workshop ini, indramayu dari desa Wanakaya menjadi terkenal sebagai pengrajin bros terbesar, Indramyu jadi tidak hanya terkenal dengan buah cengkirnya) ahaha -_- apa banget yahh. ) selain  itu hari ketiga HGTS datang ke SD Negeri Wanakaya 3, letaknya sangat jauh dari Camp P2M. sekitar 10 Km untuk menempuh tempat kedua (belum yakin..ahah yah sekitaran). ada perbedaan dari sebelumnya, karena sekolah SD Negeri Wanakaya 3 sebagian muridnya berbahasa jawa sedangkan para HGTSerr (sebutan dari para anggota HGTS) hal itu bukan sebuah hamabatan yang kompleks.Pada malamnya kegiatan Ta'lim tetap di laksanakan sambil menunggu waktu Isya. Dilanjutkan dengan Nonton bareng pemutaran film habibie Ainun dan dokumenter P2M HIMASRA 2014 kemudia Wayang golek untuk bapak-bapak setempat.

Di hari ke empat P2M,  HGTS HIMASRA mengadakan kegiatan Sekolah Alam bersama SDN Wanakaya 3 dan SDN Babakan Maja. kegiatan diisi dengan bermain sambil belajar. Pelajaran yang diberikan yaitu Bahasa inggris dengan pendekatan alam sekitar. Keceriaan dan semangat tergamabar di wajah-wajah anak-anak yang membuat para HGTSers cukup haru mengingat serangkaian kegiatan P2M berakhir hari itu. Pesan-pesan dan motivasi diberikan kepada anak-anak agar semangat dan keceriaan yang mereka tunjukan akan terus mengiringi mereka dalam mengejar cita-cita, tentunya belajar dengan tekun. (kakak2 HIMASRA juga jangan kalah sama anak-anak tentunya heheh). Sementara itu ditempat lain, di kegiatan yang berbeda para Mahasiswa mengadakan kerja bakti bersih-bersih dll. Tuntsalah serangkaian kegiatan P2M HIMASRA 2014 dengan cukup sukses, kegiatan ini di tutup dengan upacara penutupan di kediaman RW setempat dan kali itu dihadiri oleh kepala Desa setempat.











terimakasih kepada warga Desa Wanakaya, Indramyu atas keramahan, dukungan serta antusiasme warga desa wanakaya terhadap kegiatan-kegiatan yang telah kami berikan. Salam HIMASRA!!!! kita tunggu P2M selanjutnya


penulis : Devianti N.W