Minggu, 15 Februari 2015

Nyari Tempat P2M di Kabupaten Bandung

Rumah salah seorang warga Desa Jatimekar


Mendaki bukit lewati lembah, bersama teman bertualang. Yeeeee!!! Soundtrack paling cocok buat perjalanan kami ke cipeundeuy, cukup ngerasain jadi ninja hatori hahaha

Yuk cerita dulu gimana perjalanan kami survey p2m ke cipendeuy tepatnya di  kampung Ciburial desa Jati Mekar Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Bandung Barat, tempatnya nggak jauh dari rumah kediaman teman kami Elsa Nursa'adah.

Pada tanggal dimana hari kemerdekaan NKRI kita memutuskan untuk survey, berharap terhindar kemacetan kami memilih jalan Parompong menuju Padalarang, namun keputusan tersebut tak sesuai harapan. Jalanan yang kami pilih ternyata padat kendaraan dan manusia, penuh sesak dengan masyarakat yang antusias melakukan perayaan 17an ditambah dengan cuaca yang panas terik marahari, arak-arakan menimbulkan kemacetan, menghambat kendaraan lewat.

Terlepas dari kemacetan, menuju Cipeundeuy jalanan berkelok-kelok masih menjadi teman baik perjalanan kita hingga akhirnya sampai di rumah kediaman Elsa. Kami disambut hangat dan diberi asupan gizi oleh Elsa dan neneknya (disuguhin makan gitudeh).

Setelah beberapa saat lamanya kami bercengkrama, kami pun menyadari akan misi utama kami disini adalah survey tempat p2m, dan kami pun langsung terjun menuju kampung Ciburial. Tahukah kalian? Jalan menuju kampung Ciburial tidaklah mudah, jalanan nanjak dengan batu2 kerikil cukup menantang adrenalin kami dalam mengendarai sepeda motor hingga sampai ke tempat tujuan.

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Posyandu Anggrek, disana kami disambut hangat oleh seorang ibu yang ternyata masih saudara Elsa, kami berbincang2 sedikit tentang tujuan kami kesana dan program yang akan kami laksanakan. Setelah itu, kami diantar menuju sekolah impress SDN Ciburial dan madrasah yang juga tempatnya tak berjauhan.

Tak terasa hari semakin sore, kami pun memutuskan untuk mengakhiri tugas kami dan berpamitan dengan ibu (saudara Elsa) kemudian menuju rumah Elsa untuk pamit pulang ke nenek Elsa dan siap2 pulang ke peradaban kami di Bandung.

Alhamdulillah, meskipun perjalanan ke Cipeundeuy penuh tantangan dan perjalanan pulang ke Bandung juga ditemani kemacetan, namun cukup berkesan selama perjalanan. Kami banyak menemukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak kami ketahui. Untuk selanjutnya, perjalanan kemana lagi yang akan kita tempuh? Tunggu kisah kami selanjutnya ;). (Fathin Hanifah Langga)