Sabtu, 14 Februari 2015

Religius Dilandasi Karya Dalam Puber (Puasa Berkarya)

Ustad undangan di PUBER


Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah bagi setiap umat manusia, kita berpuasa selama satu bulan lamanya, tetapi bukan berarti saat kita berpuasa kita menjadi bermalas-malasan. Apalagi untuk para mahasiswa seni rupa, walaupun berpuasa kita harus tetap berkarya. Di bulan ramadhan kali ini seni rupa membuat satu kegiatan dimana kegiatan tersebut banyak sekali manfaatnya.

Dalam kegiatan puasa berkarya ini, sekaligus menjadi ajang bersilaturahmi antara staf dosen jurusan seni rupa dan mahasiswa seni rupa sendiri. Kegiatan buka bersama di hadiri oleh kurang lebih dari 100 orang diantaranya dosen, alumni dan tentunya mahasiswa seni rupa, kebayang kan gimana serunya? Yuk lanjut baca ulasan tentang puber 2014.

Sebelum acara utama yaitu buka bersama, kegiatan workshop mengisi waktu sore kita-kita nih, ada tiga jenis workshop yang disajikan. Workshop komik, workshop rajut dan yang paling dekat dengan ramadhan yaitu workshop kaligrafi. Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari kegiatan ini, tentu saja itu dirasakan oleh para peserta workshop hingga jurusan selain seni rupa pun ikut menyemarakan kegiatan ini. Tentu saja, sore hari menjelang berbuka menjadi lebih hangat dan yang paling penting kita mendapat ilmu dan pengalaman yang berharga. Kapan lagi kan? Jarang lho ada workshop santai yang penuh dengan ilmu dan pengetahuan baru. Ditambah lagi kegiatan ini menjadikan kita lebih produktif di bulan ramadhan, sehingga puasa kita akan semakin berkah (aamiin).

Saat mendekati waktu adzan, ada beberapa sambutan dan ceramah dari para petinggi jurusan seni rupa. Selanjutnya adzan dikumandangkan oleh salah satu mahasiswa seni rupa angkatan 2013. Dengan penuh canda gurau dan rasa kekeluargaan yang erat dan hangat kita pun bersama-sama menyantap hidangan takjil yang telah disajikan oleh panitia. Setelah menyantap takjil, dosen dan mahasiswa shalat magrib berjamaah, terasa sekali kedekatan dan kekeluargaannya, sesuatu yang jarang didapatkan di bulan lain selain ramadhan.


Semoga tahun depan kegiatan bermanfaat seperti ini masih bisa dirasakan ya? (aamiin, lagi hehe) Berkah ramadhan tentu saja akan datang kepada siapa pun yang berusaha mencarinya, maka dari itu, sesibuk apapun kamu, liangkanlah waktu sejenak, carilah berkahmu dan tetaplah berkarya untuk itu. (Rina Sartika)