Minggu, 12 April 2015

Diklat Calon PASER (CAPAS) XIX



Pecinta Alam Seni Rupa atau yang lebih dikenal dengan sebutan PASER  adalah salah satu komunitas yang berada dibawah naungan himpunan mahasiswa seni rupa (HIMASRA) yang telah menyelanggarakan Diklat Calon PASER (CAPAS) XIX di Rancaupas, Bandung,  selama 4 hari yaitu jumat, (06/03/15)-senin, (10/03/15).
Diklat CAPAS XIX  yang diikuti oleh 11 orang mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan sebelum resmi bergabung dengan PASER.
Dalam kegiatan tersebut, CAPAS diharuskan  belajar menyesuaikan diri dengan alam dan belajar bekerja sama. CAPAS pun dilatih secara mandiri untuk mencari makanan yang tersedia di alam, membuat api unggun dan tenda yang terbuat dari dedaunan dan ponco jas hujan. Hal unik dari diklat tersebut adalah adanya upacara pembabtisan nama rimba. Salah satu nama rimba CAPAS XIX adalah “Ratut” yang merupakan singkatan Ratu Kentut seperti yang di kemukakan oleh Vicky salah satu CAPAS.
Senin, (10/03/15) Dilaksanakannya acara penyambutan CAPAS oleh keluarga HIMASRA atas kelancaran terlaksanakannya Kegiatan  Diklat CAPAS XIX. (Osi Priatna)