Jumat, 03 Maret 2017

Diklat Calon Paser (CAPAS) XV

          

         PASER atau Pecinta Alam Seni Rupa merupakan salah satu komunitas yang berada di bawah nauangan himpunan mahasiswa seni rupa (HIMASRA) kembali menyelenggarakan Diklat Calon Paser (CAPAS) XV yang bertempat di Rancaupas, Ciwidey selama 7 hari yaitu Minggu (19/02/2017) sampai Minggu (26/02/2017).
        Diklat XV ini diikuti oleh 15 orang mahasiswa, 5 orang diantaranya laki-laki dan 10 orang perempuan, Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kegiatan ini merupakan sebuah serangkaian kegiatan sebelum resmi bergabung menjadi anggota PASER.
           Kegiatan yang berlangsung selama 1 minggu ini diisi dengan berbagai macam materi pelatihan sebagai penambah pengetahuan dan pengalaman bagi CAPAS. Pematerian tersebut diantaranya mengenai pengalaman di alam seperti pengetahuan navigasi darat, untuk mengatahui posisi di hutan, dan membidik tujuan perjalanan. Uniknya, materi ini banyak menggunakan penghitungan matematis, sehingga ada sebagian CAPAS yang masih bingung. Kemudian ada pula pematerian mengenai hutan gunung dari kang Deni, kang Fitri acong, dan Arian.
           Dari serangkaian kegiatan yang dijalani, banyak kejadian menarik yang terjadi selama Diklat. Diantaranya adalah saat pembuatan bipak alam yang harus seunik dan sebagus mungkin. Serta pengalaman membuat makanan sendiri dari alam. Tentunya, kegiatan Diklat ini, diharapkan mampu menjadikan CAPAS sebagai SDM baru yang memiliki loyalitas tinggi, serta regenerasi yang berkualitas. Kemudian terciptanya kegiatan efektif yang menyenangkan dan memiliki metode yang menarik.
          Penutupan Diklat ini, diakhiri dengan kegiatan penyambutan CAPAS oleh keluarga HIMASRA atas kesuksesan terlaksananya Kegiatan Diklat CAPAS XV. (Dw)