Senin, 23 September 2013

Asik-asik berkriya #1 : Tutorial paper quiling 3D




Sebelumnya RedEtsa mohon maaf karena akhir-akhir ini jarang ngepost nih, lagi sibuk-sibuknya berkegiatan  hingga lupa buat update dan tentunya perkuliahan yang jangan sampe lewat hihi.. tentunya tidak menjadi sebuah alasan dong buat males-malesan menghindar dari tanggung jawab kan?  minggu-minggu kemarin banyak agenda HIMASRA yang belum terekspos nih, ini yang membuat RedEtsa jadi galau :( jadi mohon do'anya buat kelancarannya ya teman-teman pembaca setia Etsa...Sekarang RedEtsa hadir lagi dengan post yang masih berkaitan dengan post sebelumnya, masih ingat dengan kisah inspirasi dari Profil teh mini ?  kali ini Etsa bersama dengan divisi kriya HIMASRA dengan senang hati akan berbagi sedikit ilmu yang sudah kita dapat dari kegiatan workshop bersama teh Mini tentang paper quiling . So check this out ya guuuyyyys!


Nah tutorial paper quilling kali ini, kita akan mencoba membuat salah satu bentuk binatang, yaitu.. jreng jreng jreng jreennnngg.... Kura-kuraa! kenapa kura-kura? yah karena bentuk kura-kura ini cukup mudah untuk dibuat, bahkan untuk pemula sekalipun. Jadi ga perlu takut salah nih teman-teman, tinggal mengikuti langkah-langkah dibawah ini. yuk ah...


Alat dan bahan yang perlu disediakan :

1. Kertas 
kertas yang digunakan bisa jenis apa saja lo, mulai dari kertas polos, berwarna, maupun kertas koran atau majalah sekalipun.
2. Gunting atau cutter
3. Penggaris
4. Lem Kayu

Proses Pembuatan :

1. Pertama-tama kita mulai dengan mengukur kertas sesuai dengan keinginan, kira-kira antara 1 - 3cm 

2. guntimg kertas-kertas yang telah diukur tadi menggunakan gunting atau cutter

3. Ambil salah satu kertas yang sudah digunting tadi, kemudian gulung menggunakan jari. Tidak usah takut salah lo teman-teman. jika gulungan kertas dirasa kurang,  kita bisa menambahnya dengan menyelipkan kertas lain diantara gulungannya.

4. Nah, setelah gulungan kertas dirasa sudah pas dengan ukuran yang diinginkan, rekatkan ujungnya dengan lem agar gulungan tidak lepas.Untuk membuat bentuk kura-kura, kita memerlukan 7 gulungan untuk membuat badan, 4 kaki, kepala, dan ekornya.







5. setelah direkatkan, untuk membentuk gulungan-gulungan tersebut menjadi timbul, tekan gulungan tersebut dengan jari. hati-hati ya teman-teman, tekan pelan-pelan aja, jangan sampai gulungannya malah jadi lepas, gara-gara menekannya terlalu semangat. XD






6. Setelah badan, kepala, ekor, dan keempat kakinya sudah jadi, kita tinggal menyatukannya deh! cara menyatukannya juga cukup mudah, tinggal menempelnya mengunakan lem kayu. Agar letaknya tepat, kita mulai dengan menempelkan kepala dan ekornya di ujung yang bersebrangan ya, jadi kita bisa memperkirakan posisi untuk menempelkan kaki-kakinya.

7. Kura-kura kertas siap berlayar!



Cukup mudah kan teman-teman? bentuk kura-kura ini bisa dikreasikan lagi lo, bisa jadi beragam bentuk sesuai kretivitas teman-teman, ngga perlu takut untuk bereksperimen ya. bahan-bahannya juga cukup mudah dicari. tidak perlu barang-barang baru, barang-barang bekas yang ada disekitar kita juga bisa dimanfaatkan menjadi suatu karya yang memiliki nilai seni, bahkan nilai jual. Jadi engga ada lagi deh acara bosen galau-galauan di rumah atau dikosan, yuks mari menggulung! :D


Penulis : Div Kriya (Nur istiqomah)
Editor : Devianti N W
Dokumentasi : Mini Heppicraftpq