Rabu, 04 Maret 2015

HIMASRA Berkontribusi di Pameran 5 Kota




Himpunan Mahasiswa Seni Rupa (HIMASRA) berkontribusi dalam Pameran 5 kota yang bertajuk “Demo-Crazy” di Posnya Seni Godod, Jl. Suryodiningratan MJ II/641 Yogyakarta, Sabtu (20/12/2014). Pameran ini menampilkan 34 karya yang melibatkan 46 seniman yang berlangsung dari 19-26 Desember 2014. Seniman yang dilibatkan dalam pameran ini berasal dari lima kota yang diwakilkan oleh 5 universitas yakni UPI Bandung, UNNES Semarang, UNS Solo, UNY Yogyakarta, dan UNJ Jakarta.

Jurusan Pendidikan Seni Rupa UPI dengan bangga mendelegasikan 5 wakil untuk berkiprah dalam pameran tersebut diantaranya Yopi Syamsul Arifin, Awab Abdullah, Junaedi, Nono Haryono, dan R. Moch. Rizal Hafiyan yang tentunya lolos dalam pengkurasian. Pengkurasian yang dimaksud dilakukan oleh wakil dari dosen Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Yulia Puspita, M.Pd. Delegasi seniman yang berkiprah tersebut mendapat apresiasi positif dari apresiator yang datang juga mendapat perhatian yang cukup besar dari media sosial.

Karya Yopi Samsul Arifin berjudul “From and for MeMix Media on Board yang representatif dengan tema yang diusung “Demo-Crazy”. Yopi memvisualisasikan gambaran rakyat Indonesia dari berbagai kalangan yang mendeskripsikan tentang demokrasi menurut pandang kalangan tersebut. Paradigma orang- orng borjuis tentunya demokrasi dari dan untuk saya. “Saya berhak mendapatkan keadilan, jika salah aparat disogok dan menurut mereka demokrasi Indonesia sangatlah adil. Sedangkan menurut sebagian kalangan besar rakyat Indonesia demokrasi Indonesia tidak adil.

Divisi Kriya HIMASRA juga terlibat dengan mendelegasikan Dina N Maghdalena dan Irsyalina Zata Dini mengadakan Workshop Yubiami yang diadakan pada Rabu (21/12/2014). Diluar dugaan Workshop Yubiami ini mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari mahasiswa UNJ, UNNES, UNS, dan UNY. Tak disangka mayoritas yang mengikuti workshop ini adalah kaum laki-laki yang memang workshop Yubiami ini belum mereka ikuti sebelumnya. Tentunya mereka belum mengenal Yubiami sebelumnya bahkan baru pertama kalinya bagi mereka mempelajari Yubiami. Sehingga saat mereka identifikasi dan berkreasi malah ketagihan dan membuat kreasi yang lebih banyak dengan paduan kreativitas yang berbeda dari setiap orangnya.


Rasa bangga patut kita berikan kepada delegasi yang turut serta terlibat dalam pameran tersebut tentunya jasa yang mereka berikan dapat mengharumkan Jurusan Pendidikan Seni Rupa Upi dan Himpunan Mahasiswa Seni Rupa (HIMASRA) UPI. Jasa ini akan senantiasi hadir dan mengalir dalam jiwa setiap generasi yang akan terus berkiprah dalam dunia seni. (Rega Oktaviana).