Selasa, 03 Maret 2015

Lagi- Lagi Galnas, Apresiasi Triennale Patung Kontemporer 

Indonesia #2



Lagi dan lagi divisi seni murni Himpunan Mahasiswa Seni Rupa UPI (HIMASRA) mengadakan Art Trip mengapresiasi Triennale Patung Kontemporer Indonesia #2 di Galeri Nasional Indonesia Jakarta, Minggu (09/11/2014). Acara ini digelar dari tanggal 22 Oktober- 10 November 2014, dengan diikuti oleh 53 pematung dari seluruh Indonesia.

Art Trip yang diadakan oleh divisi seni murni HIMASRA ini mendapat antusias dari warga himasra sehingga diikuti oleh kurang dari 40 mahasiswa seni rupa UPI. Pameran Patung tiga tahunan sekali ini memang mendapat perhatian yang sangat besar dari mahasiswa seni rupa UPI.

Pameran patung ini merupakan pameran yang besar karena diikuti oleh 53 seniman patung terkenal Indonesia dan memamerkan 100 karya patung fenomenal.

"Kami mengapresiasi kepada seluruh seniman rupa yang kembali memamerkan karya-karya seni yang unik dan berkualitas," Kata Direktur Jenderl (Dirjen) Kebudayaan Kacung Marijan usai membuka pameran.

Triennale Patung Kontemporer Indonesia #2 mengusung tema “VERSI” yang digagas oleh kurator Rizki A. Zaelani, Asmujo J. Irianto, Asikin Hasan, serta Asisten kurator Bayu Genia Krishbie. “VERSI” diangkat sebagai penunjukan perluasan praktik dan teorisasi keterampilan kerja yang bersifat manual dan teknis, atau berkarya dengan metode eksprementasi yang mendukung tradisi pemikiran dan konsepsional.

Ragam variatif versi karya patung patung hasil karya seniman-seniman Indonesia dituangkan kedalam 100 patung yang hadir dalam pameran tersebut. Salah satunya karya Ichwan Noor dengan judul “Beetle Sphere” (2013) mencuri perhatian apresiator. Material mobil VW tahun 1953 ia jadikan media untuk membuat karya yang luar biasa yang membuat berhenti bernafas sejenak bentuk mobil VW seakan ditekan dibuat bulat.

Akhir perjalanan, kami mendapat pengalaman yang sangat berharga yang tak ternilai harganya. Kami mendapat pengalaman visual dari karya maestro- maestro patung terkenal seluruh Indonesia. Selamat datang di perjalanan selanjutnya dan kami warga himasra mendapat penghargaan untuk menjadi event organizer dalam kegiatan pameran di Galeri Nasional Jakarta. (Rega Oktaviana)