Selasa, 03 Maret 2015

Peduli Pendidikan, Himasra Goes to School



Divisi pendidikan dibawah naungan himpunan mahasiswa seni rupa (HIMASRA) kembali menyelenggarakan Himasra Goes to School (HGTS) di SD Negeri Cihampelas Bandung, Jum’at (10/10/2014).

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah konsisten selama 60 tahun dalam bidang pendidikan yang dilatarbelakangi perlunya guru dengan kompetensi kepakaran tingkat universiter. Begitupun HIMASRA berperan serta dengan membentuk divisi pendidikan yang melahirkan program HGTS. Dibentuknya program HGTS dilatarbelakangi untuk melahirkan guru yang lebih baik dalam pengusaan substansi materi yang diajarkan. Dengan kata lain HIMASRA peduli terhadap pendidikan dengan mengemaskan suatu program unik dan tidak terdapat dalam pembelajaran reguler di sekolah.
“Peduli pendidikan merupakan tindakan jiwa muda mahasiswa seni rupa UPI, kita harus menjadi altruis, peduli terhadap sesama, dan peduli terhadap pendidikan” kata Ketua Pelaksana, Rega Oktaviana ketika menyampaikan pembukaan.

HIMASRA periode 2014-2015 mempunyai misi untuk memasyaratkan seni melalui pendidikan. Kenapa demikian? Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap nilai seni menjadi salah satu faktor pentingnya memasyarakatkan seni guna menjunjung nilai seni. Masalah tersebut harus ditopang dengan menanam bibit baru dengan paduan nilai seni, dengan kata lain mendidik generasi muda dengan pendidikan seni sehingga dapat melestarikan nilai seni untuk kedepanya.

“HGTS yang mengusung Peduli Pendidikan ini termasuk ke dalam visi dan misi Himpunan Mahasiswa Seni Rupa (HIMASRA) yaitu pendidikan dan memasyarakatkan seni”. Kata Ardhiyatul Ardha, Ketua Himpunan Himasra ketika menyampaikan amanat dalam pembukaan.


Diluar konteks tersebut acara ini disambut antusias siswa dan siswi SDN Cihampelas. Siswa dan siswi begitu menikmati pola pengajaran yang dilakukan oleh anggota divisi pendidikan. Dalam hal ini dapat dibilang divisi pendidikan telah berhasil membuat ramuan yang mempunyai esensi terhadap nilai pendidikan.  Divisi pendidikan akan menjadi divisi yang berdiri sendiri, semoga kedepanya divisi ini lebih baik lagi dan sampai ketemu lagi di HGTS berikutnya. (Rega Oktaviana)