Selasa, 03 Maret 2015

Seni Rupa dan Prodi Desain



Jurusan pendidikan seni Universitas Pendidikan Indonesia telah meresmikan Fakultas Pendidikan Seni dan Desain di Balai Pertemuan UPI, Senin (09/09/2014). Acara peresmian ini serentak dengan diadakanya peluncuran buku dari Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. Peresmian dan peluncuran buku ini dihadiri oleh warga UPI dari berbagai bidang dan Institusi lain serta jurusan pendidikan seni baik seni rupa, musik dan tari.

Menulis  buku merupakan unsur penting dalam suatu akademisi. Bagi seorang dosen dalam setahun sekali sekurangnya meluncurkan satu buku yang sederhana dan representatif.  Semua dosen di seluruh dunia juga membuat hal serupa. Kenapa demikian? “Untuk membangun kredibilitas dan reputasi pendidikan”.

Jati diri merupakan haluan bangsa dalam mencapai urgensi pendidikan budaya pada masyarakat. Salah satunya adalah revolusi mental dan pendidikan karakter. Pada saat ini banyak permasalah pendidikan dan menjadi masalah kompleks bagi kemajuan bangsa. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia menjadi salah faktor permasalahan, lemahnya proses internalisasi terkait praktek pendidikan sehingga kurikulum pendidikan menjadi beban, kualitas pendidik diragukan, akses, dan kejar tayang dalam arti pemahaman pembuatan kebijakan kurang baik. Apa Jawabanya? Politik jati diri bangsa melalui pendidikan karena politik jati diri haruslah bernilai karena memang kebutuhan suatu negara haruslah pendidikan.

“Politik jati diri bukan merupakan politik dari partai politik tetapi jati diri bangsa” Kata Rektor saat mendeskrifsikan peluncuran bukunya.

Dengan dilibatkanya jurusan pendidikan seni, acara terkemas menarik dengan paduan dari penampilan dari jurusan seni rupa, seni tari dan seni musik. Seni rupa menghadirkan penampilan live sketch oleh perwakilan Nadhori dan Nadhoro yang menggambarkan secara langsung Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. selain itu seni rupa mengadakan pameran Tugas akhir dengan konsep outdoor. Adapun penampilan Tari dan Keroncong dari seni tari dan musik. Rasa syukur dan ucapan selamat layak dinobatkan dengan diresmikanya Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni. Dengan ini jurusan pendidikan seni bisa berbangga hati dan memulai lembaran yang baru. (Rega Oktaviana).